Thursday 23 February 2012

Akibat Banyak Makan dan Minum


Diantara sebab terbesar yang membantu seseorang untuk tetap giat menuntu ilmu, memahaminya dan tidak jemu adalah memakaa sedikit dari sesuatu yang halal.
Al Imam Asy Syafi’I rahimahullah berkata: “Aku tidak pernah kenyang  semenjak 16 tahun lalu. Karena banyak makan akan menyebabkan banyak minum, sedangkan banyak minum akan membangkitkan keinginan untuk tidur, menyebabkan kebodohan dan menurunnya kemampuan berpikir, lemah semangatnya serta malasnya badan. Ini belum termasuk makruhnya banyak makan dari tinjauan syariat dan timbulnya penyakit jasmani yang membahayakan”.
Sebagaimana dikatakan oleh sebuah syair:

فَإنّ الدَّاءَ اَكثَرَ مَاتَرَاهُ

يَكُونُ مِنَ الطّعَامِ أَوِ الشَّرَابِ
Sesungguhnya penyakit, kebanyakan yang engkau lihat
Terjadi karena makan atau minuman.
Seandainya tidak ada keburukan dari banyak makan dan minum kecuali menyebabkan sering ke toilet. Hal itu sudah cukup bagi orang yang berakal dan cerdas untuk menjaga diri darinya. Barangsiapoa yang menginginkan keberhasilan menuntut ilmu dan mendapatkan bekal hidup dalam ilmu, namun disertai banyak makan dan minum serta tidur, sungguh dia mengusahakan sesuatua yang mustahil menurut kebiasaan.
Tadzkiratus Sami’ wal Mutakallim fi Adabil ‘Alim wal Muta’allim, hal. 73-74. Al Imam Badrudin Muhammad bin Ibrahim bin Sa’dillah bin Jamaah Al Kinani rahimahullah dengan beberapa perubahan.
Sumber: Majalah Asy Syariah, hal. 1, edisi: vol. V/No. 56/1431H/2009

Related Articles

0 comments:

Post a Comment

pangestu.yuda. Powered by Blogger.