Wednesday 15 October 2014

LAPORAN AKHIR PRAKTIKUM DASAR ILMU TANAH STUDI LAPANG DI KEBUN PERCOBAAN COBAN PELANGI (PONCOKUSUMO)



Tanah merupakan suatu benda yang berbentuk tiga dimensi, yang tersusun dari masa padat, cair dan gas yang terdapat di permukaan bumi. Tanah juga merupakan hasil pelapukan batuan. Faktor yang mempengaruhi proses pembentukan dan keberadaannya yaitu bahan induk, iklim, topografi, organisme, waktu, topografi, vegetasi, dan lain. Tanah dilihat dari sifatnya tanah dibagi menjadi tiga jenis yaitu sifat fisik, sifat kimia, dan sifat biologi.

Pada fieldtip kali ini yang diadakan di Desa Gubuk Klakah Kec. Poncokusumo (Coban Pelangi), kami melakukan penelitian tentang kondisi fisik, kondisi kimia, kondisi biologi dan pedologi.  Vegatasi di daerah ini terdiri dari tanaman budidaya dan hutan produksi. Kita meneliti sifat fisik, kimia, biologi dan pedologi tanah  adalah untuk mempelajari kerusakan tanah yang mungkin terjadi di wilayah ini agar kita dapat mengantisipasinya. Oleh  karena itu kami melakukan pengamatan terhadap kondisi lahan tersebut, dan untuk lebih jelas lagi akan dibahas di laporan ini.
Disamping itu, dengan adanya fieldtrip ini kami dapat mengaplikasikan ilmu yang kami dapat pada saat praktikum Dasar Ilmu Tanah. Selain itu kami dapat mendiskripsikan tanah berdasarkan struktur, konsistensi, tekstur, dan permeabilitas pada setiap horison-horison tanah.

 Download Full LAPORAN AKHIR DIT STULA

Related Articles

0 comments:

Post a Comment

pangestu.yuda. Powered by Blogger.