Wednesday, 15 October 2014

Laporan Teknologi Produksi Tanaman Tanaman wijen ASPEK BEPE



Tanaman wijen yang mempunyai bahasa latin Sesamum indicum L merupakan tanaman perdu atau semacam semak – semak. Tanaman wijen mempunyai beberapa keunggulan seperti tahan kering, mutu biji tetap baik walaupun ditanam pada lahan kurus dan dapat dibudidayakan secara ekstensif, mempunyai nilai ekonomi yang relative tinggi dan dapat ditumpangsarikan dengan tanaman lain. Tanaman ini juga merupakan penghasil minyak nabati yang banyak digunakan untuk aneka industri, seperti industri makanan, kosmetik, farmasi danlain-lain.

            Kebutuhan wijen masih belum dapat dipenuhi dari produksi dalam negeri,terbukti masih adanya impor biji dan minyak wijen setiap tahun. Untuk tahun 2005 impor biji wijen sebesar 2.804 ton dengan nilai US $ 1,19 juta dan minyak wijen sebesar 545ton dengan nilai US $ 555 ribu. Tahun 2007 impor biji wijen sebesar 2.862 ton dengan nilai US $1,28 juta dan minyak wijen 550 ton dengan nilai US $ 598 ribu. Demikian pula permintaan dunia akan biji wijen meningkat dari tahun ketahun. Daerah sentra produksi tradisional adalah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Disamping itu juga dibudidayakan di Lampung, NTB, Sulawesi Selatan, NTT. Peluang pengembangan wijen masih cukup tinggi karena potensi lahan yang sesuai cukup luas, terutama di Kawasan Indonesia Timur, yang sebagian besar wilayahnya berupa lahan kering beriklim kering.
            Berdasarkan peluang yang telah dijabarkan di atas, diharapkan pengembangan tentang teknik budidaya wijen di Indonesia dapat mengalami peningkatan. Kita sebagai mahasiswa pertanian juga harus mempunyai kontribusi untuk melakukan penyuluhan tentang keunggulan atau manfaat yang bisa diambil dari tanaman wijen tersebut. Diharapkan dengan begitu, banyak dari petani Indonesia yang mempunyai kesadaran untuk menanam tanaman wijen agar kebutuhan dalam negeri akan tanaman tersebut dapat dipenuhi.
                                                                                                                          
1.2 Tujuan
            Laporan  ini disusun dengan tujuan untuk memberikan informasi tentang teknik budidaya tanaman wijen serta memberikan rekap hasil praktikum mata kuliah Teknologi Hasil Pertanian selama kita menanam tanaman wijen.

Related Articles

1 comment:

  1. hormon tumbuhan27 April 2016 21.55
    PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

    menyediakan biotan untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www TOKOPEDIA.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

    ReplyDelete

pangestu.yuda. Powered by Blogger.