Sunday, 3 January 2016

Pestisida Nabati : Pestisida Dari Bawang Putih

1.       PENDAHULUAN
1.1   Latar Belakang
      Hama dan penyakit merupakan hal yang tidak bisa dihindari dalam pelaksanaan kegiatan budidaya pertanian. Hama dan penyakit seolah telah menjadi musuh besar bagi petani yang mana mengusahakan suatu lahan budidaya dengan menginginkan hasil produktivitas yang tinggi dengan hasil tanaman yang baik. Petani kerap kali mengunakan pestisida sebagai langkah awal untuk mencegah masuknya OPT ke lahan mereka. Dengan dosis yang tidak tepat, waktu aplikasi yang tidak memenuhi syarat, dan salah sasaran merupakan hal-hal yang tidah disadari oleh mereka bahwa aplikasi pestisida yang demikian hanya akan mengurangi dampak serangan OPT dalam waktu yang singkat, dan tidak bertahan lama. Akhir-akhir ini telah banyak penelitian yang menggunakan bahan-bahan organik sebagai bahan untuk dijadikan sebagai pestisida alami, yakni dengan melihat kandungan yang terdapat dalam bahan tersebut. Adalah bawang putih, yang merupakan rempah yang selalu menjadi penambah rasa bagi masakan. Baunya yang tidak enak diduga menjadi salah satu hal yang membuat serangga mati apabila diterapkan pestisida ini.

Pertanian di Indonesia sejatinya telah mengenal bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan pertanian, namun lambatnya respon terhadap hasil menjadikan petani semakin melupakan potensi-potensi ini. Produktivitas yang tinggis serta hasil yang baik merupakan idaman bagi setiap petani yang mengusahakan lahan pertaniannya. Respon cepat setelah pemberian pestisida kimiawi telah mengubah pandangan petani bahwa dengan menggunakan pestisida kimia, lahannya akan terbebas dari hama dan penyakit. Hal demikian yang menjadi tantangan bagi petani modern yang telah memikirkan keberlangsungan ekosistem pertanian yang diusahakannya. Dengan menggunakan pestisida nabati, maka petani telah membantu mengurangi dampak hama yang semakin resisten dengan pestisida kimia.

1.2   Tujuan
1.       Mengetahui cara membuat pestisida nabati
2.       Mengetahui kanudngan yang terdapat dalam bawang putih sebagai bahan pembuatan pestisida nabati.
2.       TINJAUAN PUSTAKA
2.1   Pestisida Organik
Pestisida organik meruoakan pestisida yang bahan dasarnya berasal dari alam. Pestisida organik relatif lebih mudah dibuat dengan bahan-bahan yang mudah didapat disekitar kita. Oleh karena terbuat dari bahan organik, maka pestisida ini bersifat mudah terurai (biodegradable) di alam sehingga tidak mencemari lingkungan dan relatif aman bagi manusia dan ternak. Karena residunya akan terurai dan mudah hilang.
Pestisida organik dapat membunuh atau mengganggu serangan hama dan penyakit melalui cara kerja yang unik, yaitu dapa melalui perpaduan berbagai cara atau secara tunggal. Cara kerja pestisida organik sangat spesifik, yaitu :
1.       Merusak perkembangan telur, larva, dan pupa
2.       Menghambat pergantian kulit
3.       Mengganggu komunikasi serangga
4.       Menyebabkan serangga menolak makan
5.       Menghambat reproduksi serangga betina
6.       Mengurangi nafsu makan serangga
7.       Memblokir kemampuan makan serangga
8.       Mengusir serangga
9.       Menghambat perkembangan pathogen penyakit

2.2   Kandungan Bawang Putih

2.3   Cara Membuat pestisida Bawang Putih
Bawang putih merupakan salah satu rempah yang memiliki aroma yang menyengat. Bawang putih selain digunakan sebagai rempah pada masakan, dapat pula digunakan sebagai pestisida nabati. Pestisida nabati merupakan pestisida yang berasalh dari bahan organik, yang aman dan tidak mengandung racun bagi manusia dan tanaman itu sendiri.
Bawang putih merupakam pestisida nabati yang baik untuk mengusir atau menjauhkan daerah budidaya dari jangkauan hama seperti ulat bulu, ngengat, lalat putih, dan kumbang Colorado.
Terdapat beberapa cara untuk membuat pestisida bawang putih, salah satu caranya adalah dengan mencincang 3 ons bawang putih dan rendam minyak mineral selama satu hari. lalu tambahkan satu sendok teh minyak ikan, campur larutan dengan setengah liter air dan tambahkan pada campuran bawang putih. Aplikasi pestisida bawang putih ini mudah, hanya dengan melarutkan campuran bawang putih dengan air dengan perbandingan 1 : 20 (Matoa, 2014).


DAFTAR PUSTAKA
Matoa.org/pestisida-bawang-putih/
Azzarahmawati.blogspot.com/2013/10/pestisidaa-organik_9248.html



Related Articles

1 comment:

pangestu.yuda. Powered by Blogger.